5 Cara Aman Menggunakan Pinjaman Online

Aplikasi pinjaman online saat ini banyak diminati orang. Barangkali karena lebih praktis dan cepat sekali. Namun demikian kalian harus tetap waspada, karena bisa saja kalian tekor sendiri dengan mengajukan pinjaman online bila tidak tahu caranya.

Bisa saja kalian akan tekor pada beberapa bulan ke depan. Artinya kalian terjerat dengan bunga yang terus bertambah setiap harinya.

Karena itu dibutuhkan cara dan kebijaksanaan dalam hal peminjaman online. Silahkan simak penjelasan selanjutnya sampai tuntas di bawah ini.

Cara Aman Menggunakan Pinjaman Online

Apabila kalian tidak bisa menggunakan pinjaman online dengan baik maka siap-siaplah kalian dengan tagihan tunggkan yang tinggi. Apalagi saat terlambat membayar, kalian akan diteror dengan tagihan dari aplikasi terkait.

Berikut ini cara-cara agar bisa aman saat melakukan pinjaman online pada sebuah aplikasi:

1. Pilih Pinjaman Legal

Cara pertama menggunakan aplikasi pinjaman oleh adalah pilihkan aplikasi pinjaman online yang legal dan resmi. Yang perlu kalian kertahui bahwa aplikasi pinjaman ol=nline yang legal bisasanya telah terdaftar pada Otoritas Jasa keuangan (OJK)

Dengan diawasi OJK maka secara otomatis aplikasi ini tergolong resmi dan aman. Kalian tidak tidak perlu khawatir akan adanya penagihan yang sifatnya meneror atau bunga yang berlipat-lipat.

2. Selalu Membaca Ulang Ketentuan dan Syarat

Beberapa kejadian yang telah terjadi yaitu adanya kelalaian dari pengguna pinjaman online akan ketentuaan yang terdapat pada aplikasi pinjaman online tersebut. Padahal kalian harus tahu betul sebelum mengambil pinjaman, apa syaratnya dan bagaimana ketentuannya.

Bila kalian tidak paham syarat dan ketentuannya, bisa jadi bunganya terlalu tinggi dan kalian tetap mengambilnya.

3. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Hanya kalian sendiri yang tahu apa kebutuhan yang sedang kalian butuhkan. Ukur kebutuhan dengan kemampuan kalian dalam membayar cicilan.

Tanpa memperhatikan ini kalian akan terjebak pada banyak keinginan yang bisa saja akan membuat kalian terlilit hutang besar. Secara standart, jumlah pinjaman sebaiknya maksimal tidak lebih 30 % dari penghasilan kalian

4. Jangan Menunda Cicilan

Kalian harus ingat setiap keterlambatan itu ada denda dalam bentuk bunga. Saat kalian terlambat sehari saja maka tagihan akan membengkak.

5. Cek Selalu Promo Pinjaman

Pada beberpa event aplikasi pinjaman online biasanya memberikan promo pinjaman, baik itu cashback, bunga rendah atau bahkan tenor yang sesuai. Kalian yang mahu pinjam harus tahu dan terus memantau promosi tersbut, barangkali nanti kalian bisa mendapatkan cicilan dengn bunga yang relatif rendah.

Demikian yang dapat kami sampaikan dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan